Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Membuat Helm Kamen Rider ( Clay Style )

Membuat Helm Kamen Rider Fiberglass(Clay Stlye)
Tokusatsu memang sedang booming akhir-akhir ini di Indonesia. Salah satunya adalah Kamen Rider. Dalam event Jepang seperti Cosplay(Costume Player) banyak orang-orang yang berdandan seperti tokoh jagoan yang mereka idamkan. Jika kita melihat ada; Kamen Rider BLACK, RX, Man, Kuuga, Decade dll. Dalam hati kita bertanya-tanya atau bahkan mengira-ngira di mana membeli Helm kamen rider seperti itu… Kebetulan aku sebagai penggemar kamen rider(yang baru-baru aja kecanduan) ingin sedikit share dan minta saran dari teman-teman jika ada yang kurang tentang membuat Helm kamen rider ini.
Di sini, untuk membuat helm kamen rider tersebut aku menggunakan metode modeling dengan Clay(Tanah liat). Tanah liat dipilih karena murah dan mudah dibentuk. Namun untuk beberapa daerah mungkin agak sulit menemukan tanah liat ini. Perlu diingat bahwa membuat Helm ini sangat sulit dan butuh kesabaran..jadi buatlah karakter yang paling kamu suka. Kebetulan di sini sebagai percobaan, aku membuat tokoh kamen rider karanganku sendiri.
Urutan proses dari pembuatan helm dengan tanah liat adalah:
  1. Buat model dari tanah liat secara detil
  2. Setelah agak kering, lumuri dengan Fiberglass
  3. Lepaskan/pisahkan Fiberglass dari tanah liat(bagian ini sebagai cetakan)
  4. Bersihkan cetakan dari sisa-sisa tanah liat
  5. Lumuri cetakan dengan krim wax agar licin
  6. Lumuri cetakan dengan Fiberglass
  7. Setelah kering dan tebal, lepas dari cetakan
  8. Atur kesesuaian dan lakukan finishing.
Langkah-langkahya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama buat Model tanah liat yang seukuran lebih besar dari ukuran kepala. Helm kamen rider ukurannya tidak terlalu besar dan tidak sempit.

Gbr. Step 1
  1. Beri detil- yang tidak terlalu sempit. Untuk bagian mata tergantung model, jika bisa dikosongkan karena mata akan dibuat secara terpisah.
Gbr. Pendetilan
  1. Setelah model clay dirasa cukup kering, siapkan bahan-bahan untuk membuat fiberglassnya; Resin, Talk/Kalsium karbonat(CaCO3), Mat (serat), Katalis(pengeras), kuas kecil. Bahan-bahan ini dapat dibeli di toko kimia.
  2. Campurkan resin dengan talk dengan perbandingan 3:1. masukkan pada gelas plastik dan aduk hingga merata. Untuk lebih hemat dan hati-hati, kita gunakan dulu resin pada gelas plastik kecil dan dilakukan secara bertahap. Setelah itu lalu teteskan Katalis ± 3-5 tetes dengan pipet untuk ukuran ½ gelas kecil. Aduk hingga rata.
  3. Gunakan kuas untuk melumuri larutan campuran tadi ke atas Model clay. Untuk lapisan pertama berikan olesan tipis, setelah itu tempelkan Mat dan lumuri lagi dengan Campuran resin tadi. Ulangi langkah tersebut hingga 4 lapis dan dirasa agak tebal. Pada bagian yang mendetil seperti mulut lebih baik rapatkan campuran pada hingga seluruh bagian terkena resin tersebut.
  4. Setelah semua campuran menutupi model clay. Maka akan tampak seperti di bawah ini.

Gbr. Model clay tertutup fiberglass
  1. Buka/lepaskan cetakan dari tanah liat dengan memotong pada bagian tengah dari samping.
Gbr. Tampak samping

Gbr. Tampak dalam
Bagian dalam adalah yang terpenting karena objek yang sesunguhnya ini tergantung dari detil cetakan.
Langkah-langkah di atas mesih belum selesai. Dan jika kita mencoba memakai cetakkannya pada wajah kita akan tampak seperti di bawah ini…hehe..kakkoi

Gbr. Mencoba cetakan
Setelah cetakan master kita buat, selanjutnya kita akan membuat model master.
  1. Pertama-tama buatlah adonan Resin+CaCO3(kalsium karbonat)+Katalis.
  2. Agar cetakan dengan objek yang kita buat tidak menempel dengan objek kita gunakan mirror glass. Oleskan mirror glass pada cetakan. Dan tunggu hingga agak kering.
  3. selanjutnya gunakan kuas untuk memoles cairan adonan resin tadi ke dalam cetakan. Poleskan beberapa lapis dulu, lalu tempelkan serat Mat.
  4. Kemudian di atasnya poleskan lagi adonan resin, dan begitu seterusnya hingga agak tebal kira-kira 3 lapis.
  5. pastikan adonan tadi rapat dan tidak ada celah terutama pada bagian yang berlekuk di cetakan. Tekan-tekan secara perlahan dengan kuas.
  6. Tunggu hingga kering, lalu buka objek yang kita buat tadi keluar dari cetakan.
  7. Jika kamu tidak menggunakan mirror glass seperti saya pada saat pembentukan objek di cetakan maka hasilnya cetakanpun akan sekali pakai dan hancur. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Gambar pelepasan dari cetakan
  1. Biarpun cetakan sekali pakai tapi hasil yang dihasilkan cukup lumayan untuk pemula. Lain kali saya akan menggunakan mirror glass..wajib itu
Gambar hasil objek setelah lepas dari cetakan
Jika proses pembuatan objek yang menegangkan dengan cetakan tadi selesaim selanjutnya saya akan melakukan perapihan dan penghalusan. Setelah cukup rapih dengan diamplas dan didempul saya akan melakukan pelubangan pada bagian mata. Gunakan pahat kecil, kikir kecil dan gergaji besi. Pastikan untuk melubangi pada bagian tengah mata terlebih dahulu. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Gambar hasil
Proses pembuatan mata
Untuk proses pembuatan mata lumayan agak susah. Di sini akan butuh teknik pembuatan Crystal yang hasilnya bening. Gunakan resin bening + zat pewarna kimia untuk hasil yang lebih baik.
  1. pertama-tama saya terlebih dahulu membuat objek mata yang diinginkkan dan cocok dengan lubang mata yang sudah kita buat tadi dengan Malam(lilin mainan anak-anak).
  2. setelah itu buat cetakan dari malam tersebut dengan fiberglass. Cara pembuatan adonannya sama dengan pembuatan cetakan sebelumnya.

Gambar cetakan mata
  1. Jika cetakan mata sudah jadi, selanjutnya siapkan adonan resin bening. Campurannya sama dengan kita menggunakan resin biasa.
  2. jika adonan sudah siap, aduk-aduk hingga merata dan diamkan beberapa saat agar gelembung menghilang. Memang agak sulit untuk membuatnya tanpa gelembung. Namun jika sudah tahu triknya pasti bisa.
  3. setelah itu tuang pada cetakan mata adonan tadi secara perlahan. Dan jika sudah mengering hasilnya akan tampak tidak terlalu bening. Oleh karena itu diperlukan penggosokan dengan ampelas dan permukaan licin. Jika penggosokan kita berhasil, maka hasilnya akan bening seperti kaca. Jika masih tidak bisa membuat yang bening,  minta dibuatkan oleh tukang Fiberglass..hehe. Di sini saya tidak menggunakan pewarna, jadi setelah objek jadi dan bening, lalu saya gunakan Skotlet biru bening untuk menghemat biaya dan percobaan..

Gambar mata
Setelah proses pembuatan mata jadi, selanjutnya saya akan mencoba mewarnai helm yang sudah jadi dan diberi lubang tadi dengan memberi engsel kecil pada bagian tengah helm. Ini berguna untuk membuat helm mudah dibuka dan tutup.
Ilustrasi
Gunakan pula adonan resin untuk merekatkan engsel pada helm yang kita buat.
Setelah proses pembuatan engsel selesai selanjutnya saya akan mencoba memberikan warna dasar Hitam Dove(Dull Black). Di sini saya menggunakan cat semprot. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Helm cat dull black

2 komentar: